Social Icons

Pages

About Me

Selasa, 24 Maret 2015

PENGGUNAAN IRC

Saat kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the Day (Pesan Hari Ini) atau MOTD yang berisi informasi tentang situs dan lalu lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk menyebutkan nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas.
Bila telah log in pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan saluran aktif yang bernama #chatzone. Semua saluran atau channel IRC diawali tanda (#) ada juga dengan tanda (&). Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel. Semua perintah IRC dimulai dengan garis miring (/). Misalnya untuk mengetahui daftar saluran yang sedang digunakan pada saat yang bersangkutan dan jumlah orang yang bercakap-cakap, ketik perintah ?/list?. Untuk turut serta dalam percakapan di Internet ini, tinggal beri perintah ?/join? diikuti tanda #(nama saluran). Jika pengguna telah memiliki program seperti mIRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Semua perintah-perintah dasar IRC berlaku untuk semua client-client.

Beberapa perintah dasar SBI[sunting | sunting sumber]

  • /Bye untuk keluar dari channel dan program IRC
  • /Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC
  • /Ignore diikuti alamat email atau nama julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna individu tersebut.
  • /Msg untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya lalu isi pesan
  • /Names untuk menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut.
  • /Nick untuk mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya
  • /Whois diikuti nama julukan, akan menunjukkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates