Social Icons

Pages

About Me

Selasa, 24 Maret 2015

http://gevarenandacy.blogspot.com/2015/02/aplikasi-buatan-indonesia.html

Indonesia selalu menjadi negara yang terkenal akan populasi pengguna mobile-nya yang besar, yang kebanyakan merupakan pengguna Android. Namun, Indonesia kurang dikenal dari segi aplikasi yang diproduksi di tanah air.

Aplikasi Android Indonesia

Padahal, beberapa aplikasi yang dikembangkan di negara ini memiliki potensi untuk menyaingi aplikasi-aplikasi yang paling populer di seluruh dunia, sementara yang lain secara khusus disesuaikan dengan pasar lokal. Berikut adalah beberapa aplikasi lokal buatan Indonesia.


Aplikasi Fungsi Tunggal

Ada aplikasi-aplikasi yang digunakan orang setiap hari, dan ada pula aplikasi yang tetap disimpan tapi jarang sekali digunakan, karena Anda tahu mereka akan berguna pada saatnya nanti. Aplikasi tersebut antara lain:

1. BlitzDroid

BlitzDroid

Membooking tiket film bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Anda perlu melalui serangkaian proses registrasi yang rumit seperti menghubungkan kartu kredit ke handphone Anda, yang membuat saya kurang nyaman, hingga akhirnya Blitmegaplex membuat sistem booking online sendiri. Kemudahan penggunaan ditambah dengan pilihan pembayaran blitzCard memungkinkan pengguna mengisi ulang saldo tanpa harus menghubungkannya dengan kartu kredit. Beberapa tahun yang lalu, mereka mengadaptasi sistem ini untuk aplikasi Android mereka yang bernama BlitzDroid. Kini, booking tiket dengan aplikasi ini menjadi semudah booking melalui website mereka.

2. Klik-eat

Klik-eat

Anda sedang duduk di rumah pada suatu malam dan Anda benar-benar lapar, sementara di luar hujan turun dengan deras. Anda tidak bisa menghubungi layanan delivery yang biasa Anda digunakan dan Anda mulai tidak sabar. Apa yang Anda lakukan? Coba gunakan aplikasi Android Klik-eat, yang memungkinkan Anda memesan makanan dari berbagai restoran tanpa harus berinteraksi dengan manusia lain. Tidak seperti layanan booking makanan online populer seperti Foodpanda, Klik-eat menangani semua pengiriman sebagai pihak ketiga dan mengurus agar pesanan terpenuhi. Dalam beberapa kasus, ini merupakan suatu keuntungan, karena Klik-eat mampu mengirimkan makanan dari restoran yang tidak menawarkan layanan delivery.

Namun, website Klik-eat hanya menawarkan pengiriman di wilayah tertentu di Jakarta, jadi jika Anda tidak tinggal di daerah tersebut maka Anda tidak beruntung. Penting untuk diingat bahwa Klik-eat membebankan biaya pengiriman kepada pelanggan.


Aplikasi Sosial

3. Harpoen

Harpoen

Harpoen adalah sebuah aplikasi yang mengambil pendekatan yang agak menarik untuk jejaring sosial. Aplikasi ini memungkinkan Anda meng-upload konten seperti foto, teks, dan konten lainnya, tetapi mengatur semua aktivitas sosial Anda berdasarkan lokasi.

Ide di balik aplikasi ini berasal dari Wall Graffiti, yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk menghubungkan update dengan lokasi tertentu yang hanya bisa dilihat orang-orang ketika mereka berada di lokasi tersebut. Tim Harpoen juga baru saja meluncurkan layanan baru yang disebut Mapiary berdasarkan ide serupa.

4. Catfiz Messenger

Catfiz Messenger

Sekilas, Catfiz tampak seperti aplikasi chatting lainnya. Setiap pengguna yang mendaftar mendapatkan nomor ID unik yang dapat didistribusikan dan digunakan untuk menambah teman, mirip dengan fungsi PIN padaBBM. Anda bisa mengirim pesan, voice note, pesan video, sticker dan mengubah tema. Sisi desain dan estetika aplikasi ini cukup bagus. Catfiz memiliki dua fitur unik: saat WhatsApp membatasi hingga 50 pengguna dalam fitur group chat, group function Catfiz yang bernama Pools memungkinkan 1.000 pengguna terlibat dalam sebuah percakapan yang sama. Fitur asli lainnya adalah layanan cloud built-in, yang memungkinkan Anda meng-upload file sampai dengan 50MB untuk di-share dengan teman-teman Anda. Dengan ini, Anda tidak lagi perlu melakukan re-upload file jika Anda ingin mengirimkannya ke orang yang berbeda, karena file tersebut sudah tersimpan di cloud.

5. PicMix

PicMix

PicMix, aplikasi edit foto, mungkin adalah salah satu aplikasi lokal buatan Indonesia yang paling terkenal. Ketika Instagram mulai populer, PicMix adalah salah satu aplikasi pertama yang digunakan orang di seluruh dunia untuk menambahkan frame dan hal-hal menyenangkan lainnya ke dalam foto. Dengan lebih dari 15 juta pengguna di seluruh dunia dan kemitraan dengan perusahaan seperti KakaoTalk dan Line, jelas bahwa PicMix adalah merek terkenal tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

6. Baby Bind

Baby Bind

Jika ada satu kategori tertentu dari aplikasi sosial yang sudah terlalu penuh, itu adalah aplikasi foto. Namun, Babybind berasal dari sebuah ide yang akan membuat Anda berpikir “mengapa aku tidak memikirkan itu?” Babybind merupakan jurnal dimana orang tua bisa merekam pertumbuhan dan keseharian anak-anak mereka. Aplikasi ini memungkinkan Anda berbagi foto momen-momen tersebut ke Facebook dan Twitter, sehingga semua orang bisa melihat bayi Anda bertumbuh.

Aplikasi Direktori

7. Urbanesia

Urbanesia

Urbanesia adalah platform yang memberikan panduan direktori kota di Indonesia. Ketika sebagian besar aplikasi hanya berfokus pada review restoran dan tempat-tempat yang berhungan dengan makanan, Urbanesia menyajikan hal yang sedikit berbeda dengan juga menyediakan wawasan, review, detail, dan informasi lainnya tentang berbagai kegiatan termasuk: konser, acara, hotel, dan spa. Aplikasi ini tidak hanya bagus untuk wisatawan, tetapi juga bagi masyarakat lokal. Urbanesia memberi rekomendasi kepada orang lokal seperti saya tempat-tempat yang belum pernah saya dengar selama 18 tahun saya hidup di sini. Aplikasi Android Urbanesia memiliki fitur tambahan yang tidak ditemukan di website-nya yang disebut “Ur Episodes”, yang memungkinkan Anda mengelompokkan kegiatan tertentu dan merencanakan tanggal pelaksanaannya, seperti sebuah itinerary.

Urbanesia memiliki dua aplikasi, satu untuk Jakarta dan satu untuk Bali, meskipun aplikasi Urbanesia Bali berbeda jauh dari aplikasi Urbanesia Jakarta.

Aplikasi Potensial

8. Shoop!

Shoop

Indonesia memiliki sejumlah marketplace online populer, mulai dari Tokobagus hingga Kaskus. Menempatkan iklan di masing-masing website berbeda satu per satu bisa sangat memakan waktu, dan Shoop ingin mengatasi hal tersebut. Ide dibalik Shoop cukup sederhana, mengambil konsep batch processing dan menerapkannya untuk menjual barang secara online. Dengan kata lain, Shoop membantu penggunanya menjual produk mereka melalui berbagai macam toko online dan marketplace secara bersamaan. Dengan bermitra dengan lebih dari 15 website seperti Shopify dan Bukalapak, dan bahkan terintegrasi denganWordPress dan Facebook, Shoop memberi Anda satu platform untuk menjual produk Anda di banyak marketplace.

Itulah kedelapan Aplikasi Buatan Indonesia. untuk Mendownload Aplikasinya, Anda bisa Langsung Mencarinya di Google Playstore. Semoga Bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates