Social Icons

Pages

About Me

Selasa, 24 Maret 2015

POLA INTERAKSI ORGANISME

POSTED BY GEVA RENANDA F ON 1:50 PM

  • Simbiosis mutualisme
Adalah cara hidup bersama antara dua jenis organisme yang berbeda dan saling menguntungkan. Contoh dari simbiosis mutualisme adalah sebagai berikut:
Lebah dan bunga. Lebah menghisap madu yang dihasilkan bunga. Saat lebah menghisap madu kakinya akan mengenai serbuk sari dan mengakibatkan serbuk sari melekat. Ketika lebah tersebut hinggap di bunga lain maka serbuk sari yang melekat dapat jatuh pada kepala putik dan penyerbukan dapat terjadi. Hal tersebut berarti, lebah dan bunga saling menguntungkan karena lebah mendapatkan makanan berupa madu, sedangkan bunga dibantu perkembangbiakannya. Contoh lain adalah: ikan badut dengan anemon laut.

  • Simbiosis parasitisme
Adalah cara hidup bersama antara dua jenis organisme, yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan yang lain dirugikan. Organisme yang mendapatkan keuntungan disebut parasit, sedangkan organisme yang dirugikan disebut inang. Parasit yang hidup pada inangnya dapat dibedakan menjadi ektoparasit dan endoparasit.Ektoparasit adalah parasit yang hidup menempel pada tubuh inangnya dan mengambil zat-zat makanan dari luar tubuh inang. Contohnya: kutu rambut pada kepala manusia. Sedangkan endoparasit adalah parasit yang hidup di dalam tubuh inangnya. Contohnya adalah cacing perut pada tubuh manusia.
Contoh simbiosis parasitisme: benalu pada tumbuhan inang, nyamuk dengan manusia, dll.
  • Simbiosis konmensalisme
Adalah cara hidup bersama antara dua jenis organisme yang berbeda, organisme yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain tidak untung tapi tidak juga rugi. Contoh simbiosis konmmensalisme adalah ikan remora dengan ikan hiu, anggrek atau paku-pakuan yang menempel pada pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates